Tondo. Berlokasi diruangan Dekan, para peneliti langsung disambut oleh Dr. Ir. Golar, S.Hut., M.Si., CRP selaku Dekan Kehutanan. Tujuan kajian ini adalah mengidentifikasi dan menyusun rekomendasi untuk meningkatkan koordinasi multipihak guna meningkatkan efektivitas KPH (KPHK, KPHL dan KPHP) yang dapat digunakan sebagai salah satu dasar dalam perumusan kebijakan KPH.

Luaran (output) yang diharapkan dari kajian ini adalah mengidentifikasi a) peran dan keterlibatan para pihak dalam pengelolaan KPH, b) perubahan peran aktor kunci sebelum dan sesudah ditetapkannya UUCK, c) aktor kunci dalam peningkatan efektivitas KPH di era UUCK, d) hambatan aktor kunci dalam peningkatan efektivitas KPH dan e) menyusun rekomendasi bentuk intervensi yang diperlukan untuk peningkatan pengelolaan dan pengembangan KPH berdasarkan peran masing-masing pihak dan instrumen/alat bantu untuk meningkatkan efektivitas kerja sama antara KPH dengan para pihak (pemerintah pusat, pemerintah daerah, aktor non-pemerintah dan pihak lainnya). Sedangkan sasarannya adalah peningkatan kerja sama dengan para aktor yang terlibat di dalam pengelolaan di kawasan KPH, dan berkontribusi dalam meningkatkan kinerja KPH.

Perguruan tinggi (dalam hal ini Fakultas Kehutanan) dinilai salah satu representasi dalam menyampaikan usulan dengan kaidah akademiknya sehingga menjadi penengah diantara pihak yang lainnya.